search
Sekolah Di Jepang

OHM Studi Jepang: Pendaftaran, Informasi & Konsultasi Sekolah ke Jepang

Jaga Kesehatan

Date: May 8, 2018 Categories: Informasi, OSIP, Studi di Jepang Tags:

Seiring dengan ditemukannya sejumlah masalah kesehatan yang dialami oleh para pelajar dan mahasiswa setibanya di Jepang atau diketahui saat berada Jepang, sekali lagi kami menghimbau kepada para calon peserta yang hendak melanjutkan pendidikan di Jepang untuk lebih memperhatikan kesehatan anda.

Lakukan medical check-up

Bila terluka atau ditemukan mengalami gangguan kesehatan semisal: penyakit dalam, katarak dsb, prosesnya akan sangat merepotkan. Seperti proses pengurusan asuransi (tergantung jenis penyakit), proses rawat inap, jenis obat dan sebagainya. Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, dihimbau untuk melakukan medical check-up sebelum  berangkat ke Jepang.

Pemeriksaan kesehatan yang diwajibkan meliputi:

  • kesehatan badan (internal)
  • kesehatan gigi
  • kesehatan mata
  • khusus perempuan, pregnancy test

Bila ditemukan ada masalah dan bisa segera ditangani, harap segera dilakukan. Mengingat secara biaya dan kerugian (waktu) lebih baik diatasi selama masih di Indonesia.

Selanjutnya, bagi mereka yang sudah diterima di sekolah Jepang atau mengikuti program Internship di Jepang, untuk menjaga kesehatan sebaik mungkin selang beberapa hari sebelum berangkat ke Jepang. Adalah sangat riskan bilamana memasuki Jepang dalam kondisi sakit atau tidak fit (demam/ flu), dan apabila memburuk selama dalam perjalanan, akan ada kemungkinan anda akan ditolak masuk Jepang oleh pihak Imigrasi. Jepang dalam melindungi warganya dari virus berbahaya, menerapkan peraturan yang menolak  pendatang yang datang dengan kondisi buruk tanpa mempedulikan ringan-berat penyakitnya.

Bila sakit atau terluka (bukan karena kelalaian) di Jepang, memang biaya perawatan akan dibayar sebagian besar oleh asuransi umum (国民健康保険), selain itu ada juga biaya rawat inap per malam (bila dimintakan). Meski biaya-biaya yang disebut di atas serta biaya obat hampir semuanya ditanggung oleh asuransi, banyak kerugian yang akan dialami:

  • tidak mengikuti pelatihan (研修) bagi mahasiswa program Internship
  • tidak masuk sekolah, (tergantung jenis penyakit/ luka yang dialami) akan dianggap alpa dan mempengaruhi presentase kehadiran, yang sangat krusial dalam dunia pendidikan Jepang.
  • tidak dapat kerja paruh-waktu, yang mana merupakan hal yang essensial dalam memenuhi kehidupan pelajar selama di Jepang.
  • mencemaskan orang tua yang hidup terpisah di samudra yang berbeda.

Oleh karena itu, jagalah terus kesehatan anda dan jangan lupa melakukan pemeriksaan kesehatan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Blog Category

Blog Archive