search
Sekolah Di Jepang

OHM Studi Jepang: Pendaftaran, Informasi & Konsultasi Sekolah ke Jepang

Razan:Research Student di Jepang

Date: September 22, 2017 Categories: Studi di Jepang, Testimony Tags:
Tujuan sekolah di Jepang

Ingin kerja di perusahaan mainan Jepang.

Nama :

Hafiyanda Razan

Pendidikan :
  • Pendidikan terakhir di Indonesia : S1 Institut Teknologi Bandung
  • Pendidikan di Jepang :
    1. EHLE Institute, Osaka (lulus)
    2. Nagoya Institute of Technology
Alasan sekolah di Jepang
  • Ingin kerja di perusahaan mainan Jepang. Sebenernya kalau ingin sekolah kerja di Jepang bisa lewat berbagai cara, salah satunya bisa lewat perekrutan Internasional yang sudah mulai banyak bermunculan di Indonesia dari perusahaan-perusahaan di Jepang. Untuk kasus saya, perusahaan mainan Jepang yang saya ingin masuki sayangnya kurang terbuka untuk itu, dengan kata lain, untuk bahasa dan segalanya, kita harus sudah siap. Itu berarti kemampuan bahasa Jepang dan segalanya yang dibutuhkan untuk bekerja di Jepang harus sudah siap. Oleh sebab itu, saya yang sama sekali belum bisa berbahasa Jepang pada saat itu harus belajar sampai titik dimana bisa dipergunakan di lingkungan bekerja di Jepang. Saya memikirkan dua cara, belajar di Indonesia atau di Jepang. Buat saya sendiri mungkin akan amat sangat kurang  untuk bisa belajar di Indonesia sampai ke titik yang dibutuhkan apalagi jika sambil bekerja, ditambah tidak ada teman bicara bahasa Jepang pada saat itu. Dengan kondisi tersebut, saya menetapkan untuk langsung ke Jepang.
Keuntungan sekolah di Jepang
  • Untuk belajar bahasa, yang pasti lingkungan berbahasa Jepang yang berarti kupingnya sedikit demi sedikit akan terbiasa dengan itu. Kelas berbahasa Jepang, kalau aktif bicara di kelas mulut pun akan terbiasa. Bukan hanya bahasa, cara hidup, sopan santun, adat budaya, dsb juga bisa dirasakan langsung dan belajar bagaimana menghadapi orang Jepang. Kebiasaan-kebiasaan yang menurut kita biasa bisa juga menurut mereka kurang baik, atau sangat baik. Ada yang menurut kita buruk, tapi menurut mereka biasa saja. Dari situ kita bisa belajar juga ragam cara pandang atau kebiasaan masyarakat Jepang yang bisa kita manfaatkan untuk memperluas sosial kita di Jepang. Bukan hanya dari masyarakat Jepang saja, saat sekolah di Jepang akan sangat banyak menemui pelajar-pelajar dari negara lain, berkenalan, saling tukar pikiran dan memperluas lagi pandangan terhadap dunia. Well, buat saya sangat membantu dalam mengembangkan diri sih, terutama buat mempersiapkan bekerja di perusahaan mainan yang saya impikan 🙂
Pesan untuk semua orang
  • Kalau kamu belajar dari nol, kuatin basic grammar dan kosakata sampai N3. Maksudnya kuatin gimana? sampai kamu beneran bisa pakai semua itu dengan baik dalam percakapan. dari situ baru hajar kanji2 N2 dan N1. kenapa? menurut saya kalau udah terlanjur N2 dan belum bisa ngomong pake basic sampe N3, saat kamu ngomong nanti bakal lama ngambil waktu buat mikirnya buat ngeluarin kata2 dan grammar sulit dari N2 yang sebenernya bisa pake dari basic tersebut. Intinya KUATIN DAN TERAPKAN DASARNYA DULU.
  • Yang ke sekolah bahasa. Jangan bergaul disekolah mulu atau teman-teman senegara saja, cari temen di luar! seperti di tempat kerja paruh waktu, circle, event, volunteer, kalaupun di sekolah, banyakin ngobrol sama guru, baik-baik kok gurunya. Dengan punya temen itu kamu akan sangat amat terbantu dalam penambahan, pemilahan, dan pemilihan kosakata untuk percakapan. percayalah!
  • Jangan cepet nyerah! Sebagaimanapun kalau kamu tau kamu mau ngapain disini, lanjutkan!
  • Jangan kalah sama hawa nafsu. Kamu ke Jepang pasti banyak banget pengen ini itu, saya juga… kalau memang bisa ya silahkan tapi tolong dipikirkan dan dipertimbangkan dulu dengan matang  sebelum melakukan atau membeli sesuatu, pikirkan ke depannya akan bagaimana, efeknya akan bagaimana dsb.
  • がんばろう!

 

 

 

Blog Category

Blog Archive