search
Sekolah Di Jepang

OHM Studi Jepang: Pendaftaran, Informasi & Konsultasi Sekolah ke Jepang

Kelewatan Naik Kereta

Date: July 3, 2018 Categories: Tentang Jepang Tags:

Adakalanya kita sebagai manusia melakukan kesalahan seperti halnya naik kereta. Tidak terbatas kepada orang asing juga, orang Jepang juga sering kelewatan naik kereta atau yang disebut dengan norisugi. Norisugi adalah kondisi di mana penumpang kereta turun pada stasiun kereta yang tidak sesuai dengan tiket yang dimiliki, atau tidak sesuai dengan jarak dari commuter pass yang dimiliki, di mana stasiun tersebut lebih jauh (harganya lebih mahal) dari tiket yang telah dibeli. Untuk itu, dipergunakanlah Norikoshi Seisanki yang ditaruh di bagian sebelum keluar gerbang.

Norikoshi Seisanki

Bagi mereka yang menggunakan tiket umum (sekali pakai), dimintakan untuk memasukkan tiket yang telah dibeli kemudian dikalkulasikan dengan jarak kelebihan dengan stasiun sekarang. Setelah membayar kekurangannya (contoh sebesar \50, Anda beli tiket seharga \180 turun di stasiun yang seharusnya \230), tiket baru akan keluar dan Anda bisa menggunakannya untuk keluar dari gerbang. Bila anda menggunakan Commuter pass, masukkan commuter pass tersebut dan gunakan tiket yang keluar dari mesin ini untuk keluar gerbang stasiun. Contoh konteks ini adalah, commuter pass anda adalah Doubutsuen-mae ~ Namba, namun anda turun di Umeda. Tiket Doubutsu-mae ~ Namba adalah \180, sedangkan Doubutsuen-mae ~ Umeda adalah \230. Jadi anda akan membayar kelebihan sebesar \50.

Pengguna IC Card (Intergrated Circuit Card) semacam suica, ICOCA, PiTaPa, PASMO, Kitaca, TOICA, manaca, SUGOCA, はやかけん, nimoca hanya perlu men-charge kredit pre-paid kartu tersebut di mesin yang sama (atau pada mesin khusus IC Card yang disediakan) dengan nominal terkecil adalah \500.

 

Patut diingat kelewatan yang dimaksud adalah miskalkulasi jarak yang dituju dengan tiket yang telah dibeli, bukan lupa/tidak sengaja tidak dapat turun di stasiun yang seharusnya Anda turun. Dalam konteks seperti ini, Anda hanya perlu turun di salah satu stasiun, jalan ke peron seberang, menunggu kereta yang menuju stasiun yang Anda lewati. Sebagai contoh, dari Tenouji tujuan Anda adalah Umeda, dengan naik Midousuji-line. Anda sadar bahwa sekarang kereta telah lewat di Umeda dan berada di Nakatsu. Anda hanya perlu turun di stasiun selanjutnya yakni Shin-Osaka, kemudian berjalan ke peron seberang, kemudian naik kereta yang mengarah ke Tenouji/ Nakamozu untuk turun di Umeda.

Semoga ini bisa menjadi referensi saat naik kereta di Jepang bagi teman-teman sekalian.

Leave a Reply

Blog Category

Blog Archive