search
Sekolah Di Jepang

OHM Studi Jepang: Pendaftaran, Informasi & Konsultasi Sekolah ke Jepang

OSIP Adalah

Date: October 2, 2017 Categories: Recruitment Tags:

Kesempatan meningkatkan kemampuan bahasa Jepang sambil menjadi mahasiswa magang di Jepang!

Apakah kalian mahasiswa/I yang berpikir ingin sekolah ke Jepang atau ingin bekerja di Jepang dengan menggunakan bahasa Jepang yang dipelajari? Tetapi, kalau sekolah ke Jepang biayanya mahal dan jika bekerja di Jepang akan sangat sulit untuk mencari perusahaan yang dapat menerima. Untuk mengatasi masalah tersebut, OHM Studi Jepang menawarkan program untuk menjadi mahasiswa magang di Jepang!

Bagi mahasiswa/I yang memiliki JLPT N3 atau lebih dapat pergi ke Jepang dalam jangka waktu tertentu serta dapat merasakan pengalaman bekerja di Jepang sambil mendapatkan tunjangan hidup. Selain itu, program ini juga nantinya akan diakui sebagai salah satu kredit kampus. Internship atau mahasiswa magang ini adalah program yang menguntungkan bagi mahasiswa/I, universitas dan perusahaan itu sendiri. Lalu, bukankah hasilnya akan memberikan kontribusi yang besar bagi perkembangan karir teman-teman?

Kami akan memberikan support teman-teman yang bersemangat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang dan ingin mencoba bekerja di Jepang.  Namun sebelumnya, silahkan untuk mendaftar terlebih dahulu!

Apa itu OSIP?

OSIP atau Overseas Internship Program adalah program mahasiswa magang (Internship) di Jepang bagi mahasiswa/I yang masih berstatus aktif sebagai mahasiswa/I & memiliki kemampuan bahasa Jepang JLPT N3 atau lebih. Melalui program ini, peserta bisa merasakan pengalaman hidup di Jepang secara langsung dan belajar mengenai dunia bisnis dengan magang langsung di perusahaan Jepang di Jepang. Jangka waktu program ini beragam, biasanya selama 1 tahun.

Keuntungan

Mahasiswa yang memilih program bahasa Jepang (budaya, sastra maupun pendidikan) sebagai major dari pendidikannya di universitas tentunya memiliki keinginan untuk mengunjungi Jepang dengan tujuan bukan berwisata. Persaingan memperebutkan beasiswa akademik untuk ke Jepang menjadi sangat ketat. Kompetisi tersebut semakin keras, dan OSIP menjadi opsi terbaik dalam melatih diri menghadapi dunia kerja dan memperoleh kemampuan bisnis orang Jepang.

Program OSIP adalah program di mana  mahasiswa yang ke sana bukan sekedar “ke Jepang” atau “pertukaran budaya” . Garis besar program ini adalah sebagai berikut:

  • mahasiswa dihadapkan langsung dengan dunia kerja Jepang,
  • bekerja secara tim dengan orang Jepang,
  • berkomunikasi dengan senior dan atasan orang Jepang,
  • mengikuti seminar pelatihan pengembangan kemampuan,
  • dan terutama yakni berinteraksi dengan customer Jepang.

Banyak sekali hal yang tidak dapat diajarkan di kelas bisa dialami di sini. Bukan hanya belajar bahasa saja tapi sebagai manusia dapat berkembang dengan belajar beradaptasi, belajar dari kesalahan dan pengalaman yang diperoleh langsung di lapangan.

Pada program Internship lain, umumnya sepanjang hari bekerja seperti di pabrik tanpa berbicara bahasa Jepang, sehingga tunjangan yang didapat pun kecil.  Program macam itu bisa diikuti siapapun tanpa perlu bisa berbahasa Jepang. Ini bila diikuti tidak akan meningkatkan kemampuan bahasa Jepang ditambah dengan banyaknya lembur yang membuat hilangnya waktu untuk melakukan aktifitas yang lain.

Kehidupan peserta OSIP selama di Jepang tidaklah merepotkan. Tunjangan hidup yang diterima sangat cukup menghidupi kehidupan selama berada di sana. Peserta tidak perlu repot mencari tempat tinggal dan perabot karena telah disiapkan sebelumnya, kemudian transportasi disediakan/ ditanggung oleh perusahaan. Kondisi ini membuat mahasiswa dapat fokus penuh terhadap tujuannya untuk Internship dan belajar.

Tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa hidup di Jepang (dan lingkungannya) selama kurang lebih 1 tahun dapat memberi pengaruh positif dalam pengembangan bahasa Jepang pesertanya. Selain itu, pengalaman bekerja sebagai Intern di Jepang selama 1 tahun menjadi nilai tambah bagi mahasiswa yang ingin bekerja pada perusahaan Jepang di Indonesia maupun untuk kembali ke Jepang.

Tunggu apa lagi, segeralah bergabung bersama kami!

Persyaratan

Program OSIP menjunjung keuntungan bagi pesertanya, oleh karena itu dipasang standart tinggi yang ketat. JLPT N3 merupakan syarat wajib untuk mengikuti program OSIP. Karena kita harus menyajikan pekerjaan kualitas tinggi yang diiringi dengan kemampuan berbahasa yang tinggi. Oleh karena itu, dengan program Internship ini kita bisa mengembangkan dengan besar kemampuan berbahasa dan budaya bisnis. Level N3 bisa diraih bila belajar dengan serius di kampus. Berusahalah dan bergabunglah dengan program penuh makna kami ini dan bersama mewujudkan mimpi di masa depan.

Bagaimana cara dan prosedur pendaftarannya?

Mengenai Pendaftaran

Pendaftaran untuk program mahasiswa magang (Internship) ini GRATIS namun siswa harus membayar sendiri biaya yang dibutuhkan untuk kepentingan pribadi seperti visa, tiket pesawat, asuransi, bekal dan pengurusan dokumen.

Selama hidup di Jepang nanti, peserta akan mendapatkan tunjangan hidup dari perusahaan sehingga tidak perlu khawatir akan biaya hidup selama di Jepang.

Prosedur pendaftarannya, pertama-tama silahkan untuk mendaftar ke LINE Official OHM.

ID Line official OHM: @sekolahdijepang (pakai@) atau click link di sini

atau scan add barcode berikut
Ketika memulai rekruitmen peserta OSIP, kami akan mengutamakan untuk mengirim informasi perekruitman tersebut ke LINE para mahasiswa/I yang sudah terdaftar.
Jika melihat informasi rekruitmen dan ingin berpartisipasi, silahkan untuk mengikuti prosedur selanjutnya sebagai berikut (Bagi yang tidak tertarik, tidak ikut serta pun tidak apa-apa).

  1. Pendaftaran dapat dilakukan ke OHM Studi Jepang dengan mengirimkan curriculum vitae dalam bahasa Jepang (format microsoft word file) & scan sertifikat JLPT N3 atau lebih (format PDF) melalui email ke info@studijepang-ohm.com
  2. Mahasiswa/i yang terpilih akan dihubungi oleh tim OHM untuk selanjutnya melakukan seleksi interview.
  3. Setelah hasil interview diumumkan, peserta terpilih dapat mengumpulkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan untuk aplikasi keimigrasian (dibantu tim OHM).
  4. Peserta mengikuti kelas persiapan dan pembekalan.
  5. Setelah COE (Certificate of Eligibility) dari imigrasi keluar, maka peserta dapat mengurus aplikasi visa, membeli tiket pesawat, dll (dibantu tim OHM).
  6. Visa terbit dan siap berangkat internship ke Jepang.

Lihat FAQ tentang OSIP yuk!

Rekrutment OSIP

Blog Category

Blog Archive