search
Sekolah Di Jepang

OHM Studi Jepang: Pendaftaran, Informasi & Konsultasi Sekolah ke Jepang

Memilih Tempat Tinggal Baru

Date: May 8, 2018 Categories: Tentang Jepang Tags:

Bagi mereka yang menetap di Jepang dalam jangka waktu panjang pasti mengenal Hikkoshi atau pindahan. Sebelum itu, memilih tempat tinggal adalah hal yang sangat krusial.

Mereka yang sebelumnya hidup di asrama sekolah atau share-house, mungkin akan melakukan pindah rumah/ pindahan (引っ越し), dengan sejumlah alasan seperti lokasi sekolah/ tempat kerja terletak di daerah yang berbeda dengan tempat tinggal sekarang.

Berikut kami paparkan tips untuk memilih tempat tinggal:

Lokasi

Yang patut diperhatikan adalah jarak lokasi tempat tinggal dengan sekolah. Berapa lama jarak yang ditempuh dengan sepeda/ jalan kaki sampai ke sekolah. Jangan lupa pula mengkalkulasikan jarak dari tempat tinggal dengan tempat kerja part-time (アルバイト先). Bila jauh, berapa maksimal uang transport yang ditanggung mereka dan jarak dari tempat tinggal menuju stasiun terdekat.

Mirip dengan tempat kerja part-time, perusahaan tempat anda bekerja full-time juga memberi uang transport dengan batasan tertentu. Contoh perhitungan:

Sebulan 20 hari kerja (5x per minggu)= 40kali naik kereta, pulang dan pergi

Misalnya 1kali  ongkos kereta = \380, atau \760 sehari. Maka 20 hari kerja x 760 = \15.200

Maksimal uang transport dari perusahaan adalah \15.000, tapi anda masih dalam batas aman karena perusahaan akan membelikan work commuter pass seharga \13.800 ~ \14.400

Penalty Masa Tinggal

Dalam mengontrak apartemen/ tempat tinggal di Jepang, terdapat perjanjian masa tinggal dengan pihak pengelola gedung. Masalah tinggal yang ditentukan tergantung dari pengelola gedung, namun umumnya adalah 2 tahun masa tinggal. Anda akan memperoleh sanksi bila pindah/ berhenti tinggal sebelum memenuhi periode yang ditentukan. Sanksi berupa denda uang sewa x 1-3 bulan. Contoh uang sewa 1 bulan \55.000, denda sebesar 2bulan uang sewa = total \110.000

Bagi siswa yang akan menyelesaikan masa studi dalam kurun kurang dari 2 tahun atau mereka yang tidak dapat menetap dengan jangka waktu lama perlu mewaspai hal ini sebelum menekan kontrak dengan pihak real estate. Mengingat denda yang dikenakan sangat besar. Terkadang pihak real estate tidak menjelaskan hal ini sehingga hal ini harus dipastikan sebelum menentukan pilihan.

Selain tips penting di atas, berikut adalah sejumlah hal yang perlu diperhatikan

Penjamin

Penjamin adalah orang yang berkewarganegaraan Jepang. Dengan adanya penjamin maka opsi anda dalam memilih tempat tinggal menjadi lebih luas. Penjamin bukan merupakan hal yang wajib sebelum memilih tempat tinggal baru, banyak bangunan apartemen yang bisa disewa oleh orang asing tanpa memerlukan penjamin. Akan tetapi, dengan adanya penjamin anda dapat mengoptimalkan opsi untuk memilih tempat tinggal baru yang terbaik yang ada.

Leave a Reply

Blog Category

Blog Archive